Intel akan meluncurkan adaptor Wi-Fi 7 Pertama Pada Tahun 2024. Sementara itu, Wi-Fi 6E akan diluncurkan

Intel akan meluncurkan adaptor Wi-Fi 7 pertama pada tahun 2024. Sementara itu, Wi-Fi 6E akan diluncurkan

Generasi baru Wi-Fi 7 (802.11be) yang cepat akan membawa peningkatan throughput yang signifikan dibandingkan Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E saat ini, tetapi kita harus menunggu beberapa saat untuk adaptor kompatibel pertama yang terjangkau.

Menurut situs web ETNews, Intel sedang mengembangkan chipsetnya sendiri dengan Wi-Fi 7, produk akhir untuk komputer, laptop, dan perangkat lain akan tersedia pada tahun 2024. Kami tidak akan melihat ekspansi yang lebih besar hingga tahun 2025.

Wi-Fi 7 menghadirkan throughput hampir dua kali lipat dengan lebar frekuensi 320 MHz (802.11ax memiliki 170 MHz) dengan frekuensi kerja hingga 6 GHz dan total throughput teoritis hingga 40 Gb/s (untuk data hingga 36 Gb/dtk). Secara teori, ini sama dengan antarmuka kabel umum tercepat Thunderbolt 3. Tetapi dengan teknologi nirkabel, tak perlu dikatakan bahwa kecepatan teoretis sangat sulit dicapai karena banyak gangguan, jarak, visibilitas, dan variabel lainnya.

Selama dua tahun ini, kita akan melihat lebih banyak perangkat yang akan kompatibel dengan standar Wi-Fi 6E yang dipercepat (masih 802.11ax), di mana router (seperti Asus ROG Rapture GT-AXE11000), sistem mesh, tetapi juga ponsel sudah tersedia dan perangkat lainnya.
Transisi ke Wi-Fi 6E juga berspekulasi untuk perangkat baru dari Apple, setidaknya dengan iPhone 14 mendatang dan perangkat masa depan lainnya, termasuk kemungkinan kacamata hibrida untuk augmented reality dan virtual.

Trending  cara memutuskan jaringan wifi orang lain dengan android tanpa root