Pengertian Adobe Photoshop Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Adobe Photoshop dan Fungsi Lengkapnya – Anda mungkin sering mendengar atau membaca kata Adobe Photoshop, baik di desktop Anda di warnet, di media sosial, di buku, di Internet, atau di CD/DVD. Penasaran apa itu Photoshop. Bahkan, ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Namun apakah Anda sebagai pengguna Photoshop sudah mengetahui arti dan fungsinya? Saya yakin, walaupun sudah pernah menggunakan Photoshop, masih ada orang yang belum mengetahui pengertian dari Photoshop. Adapun fungsinya, saya yakin jika saya menggunakannya sedikit, saya akan sedikit memahaminya.

Photoshop biasanya digunakan untuk mengedit foto atau gambar. Edit foto/gambar yang ditambahkan dengan efek berbeda sesuai keinginan. Tapi apa artinya Adobe Photoshop? Apa sebenarnya fungsi dari aplikasi adobe photoshop? Nah, untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang Photoshop, silahkan baca artikel tentang pengertian dan fungsi Adobe Photoshop ini. Namun, jika Anda sudah memahami isi artikel ini, silakan lanjutkan membaca atau tinggalkan halaman ini.

Pengertian Adobe Photoshop dan Fungsi Lengkapnya

Adobe Photoshop merupakan software atau aplikasi editing yang memiliki banyak fungsi. Dengan Photoshop, Anda dapat mempercantik gambar atau Anda juga dapat memberikan efek yang keren tentunya. Adobe Photoshop banyak digunakan oleh editor kelas atas dan juga pebisnis yang membutuhkan spanduk untuk promosi. Secara keseluruhan, para pebisnis membuat iklan yang dapat menarik minat konsumen.

Photoshop tersedia untuk berbagai sistem operasi termasuk Windows, Mac OS, dan Linux, yang semuanya dapat menggunakan Photoshop. Dulu, Adobe Photoshop hanya untuk pengguna Mac OS, namun kini sistem operasi lain juga bisa menikmati Photoshop. Photoshop sendiri memiliki dua versi yaitu Adobe Photoshop CS dan Adobe Photoshop CC. Lalu apa perbedaan dari kedua versi tersebut, silahkan simak informasinya di bawah ini.

Trending  cara memindahkan data dari android ke iphone lama

Perbedaan antara Adobe Photoshop CS (Creative Suite) dan CC (Creative Cloud)

Mungkin masih banyak yang bingung mengenai perbedaan versi Adobe CS dan Adobe CC. Sebenarnya penggunaannya sama saja, yang membedakan hanyalah pembayarannya. Untuk Adobe CS, ketika seseorang membeli perangkat lunak dengan lisensinya, mereka dapat mengaktifkannya secara permanen. Jadi tidak ada lagi pembayaran ketika sudah mendapatkan lisensi. Untuk Adobe CC, ketika seseorang membeli lisensi, suatu saat mereka harus membelinya lagi karena Adobe CC menerapkan sistem sewa.

Jadi satu-satunya perbedaan adalah pembayaran. CS memiliki lisensi penuh dan CC hanya menyewakannya.

Fungsi Adobe Photoshop

Fungsi adobe photoshop sudah jelas ya sudah pasti edit foto atau gambar. Nah, arti kata editan bisa diartikan lebih luas lagi. Karena banyak sekali fungsi photoshop, mulai dari membuat efek, menggabungkan gambar, dan lain sebagainya.

Anda mungkin pernah melihat foto-foto menggemaskan di internet atau di akun media sosial Anda. Gambar bisa saja hasil editan dengan photoshop. Atau jika Anda melihat kumpulan foto di Photoshop Group, itu pasti hasil dari Adobe Photoshop.

Sekarang ada banyak tutorial Photoshop yang tersedia. Karena semakin lama pengerjaannya, semakin banyak pula pengerjaan dan teknik photoshopnya. Jadi bisa dibilang teknik photoshop ini bersifat universal. Untuk tutorial photoshop kalian juga bisa mencarinya di blog anto tunggal karena sebagai admin saya akan berusaha memberikan tutorial tentang teknik photoshop. Saya juga suka belajar Photoshop.

Untuk menambah pengetahuan Photoshop, Anda juga bisa melakukan tutorial. Untuk les privat tentunya akan dikenakan biaya. Namun untuk hasil tidak diragukan lagi, karena biasanya mereka yang membuka tempat mengajar privat sudah memiliki banyak pengalaman. Atau bisa juga dengan bergabung di grup facebook yang membahas tentang tutorial photoshop. Saya juga di grup Photoshop di Facebook. Silakan bergabung jika Anda mau, Anda dijamin akan melihat banyak karya yang dihasilkan Photoshop.

Trending  Cara Menonaktifkan Akun Instagram Temporer dan Permanen

Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan melakukan berbagai eksperimen untuk menghasilkan karya yang sebelumnya tidak ada. Jika bisa, pekerjaan yang Anda lakukan pasti akan menjadi terkenal seketika. Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan mengenai pengertian dan fungsi adobe photoshop, semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda,

Lihat kekuatan dan kelemahan Photoshop

Bagi orang-orang kreatif, terutama yang dekat dengan bisnis desain grafis, Photoshop tentu sudah tidak asing lagi. Aplikasi ini sangat populer untuk mengedit foto dan membuat berbagai desain visual dengan cara ini.

Photoshop sangat direkomendasikan untuk para praktisi seni digital seperti menggambar, animasi, atau desain grafis format digital lainnya dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan, yang memungkinkan pengguna untuk bebas berkreasi.

Namun, aplikasi photoshop memiliki kelebihan dan kekurangan. Dirangkum Hypeabis.id, berikut beberapa di antaranya:

Fitur aplikasi Photoshop

1. Aplikasi edit foto dan grafis tercanggih

Tidak dapat disangkal bahwa Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengeditan tercanggih yang tersedia saat ini. Dari praktik sederhana hingga operasi yang lebih kompleks, Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

2. Mudah diakses di berbagai platform

Saat ini Adobe Photoshop tersedia di berbagai platform mulai dari Windows dan MacOS atau PC, hingga Android dan iOS atau perangkat seluler. Namun, perlu dicatat bahwa akan ada beberapa perbedaan antarmuka dan fitur yang ditawarkan untuk platform yang berbeda.

3. Berbagai kompatibilitas format gambar

Aplikasi Photoshop juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit gambar dari berbagai format di luar sana. Selain itu, jika format tertentu tidak dapat digunakan, biasanya tersedia plugin yang menambahkan format agar pengguna tetap dapat menggunakannya.

Trending  Aplikasi Pembuat Stiker WA Animasi dan Bergerak,Berbagai Banyak Karakter

4. Dapat dijalankan dengan keluaran perangkat lunak lain

Selain kompatibel dengan banyak format, Photoshop juga cocok untuk menghasilkan banyak aplikasi canggih karena adopsi yang luas. Ini akan sangat membantu pengguna untuk tidak mengubah tata letak sehingga dapat menghemat waktu.

Kekurangan aplikasi Photoshop

1. Biayanya tidak murah

Photoshop memiliki biaya berlangganan yang tidak murah, dan itu sepadan dengan fitur yang ditawarkan. Hanya saja, bagi sebagian orang, hal ini akan menjadi pertimbangan utama. Apalagi Photoshop belum membuka opsi bagi pengguna untuk membeli hak pakai terus-menerus, hanya ada opsi berlangganan bulanan atau tahunan.

2. Ini membingungkan pengguna biasa

Beragam fitur yang ditawarkan di satu sisi bisa sangat berguna untuk eksplorasi yang lebih luas, namun di sisi lain hal ini bisa menjadi kemunduran bagi yang belum terbiasa. Pengguna awam mungkin bingung untuk memulai proses pengeditan karena banyaknya pilihan fitur yang tersedia.

3. Performa yang membutuhkan kekuatan besar

Menjalankan aplikasi Photoshop membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang sangat tinggi, karena membutuhkan banyak ruang di bagian memori. Jika tidak, akan terjadi perlambatan kinerja yang mengganggu. Selain itu, gambar dalam aplikasi juga umumnya membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

4. Dukungan grafis vektor masih minim

Kompatibilitas Photoshop dengan grafik vektor masih sangat terbatas. Banyak pengembang web merasa kesulitan untuk mengedit dan membuat format gambar seperti SVG, yang mereka butuhkan. Jadi ada batasan yang jelas bagi pengguna yang banyak bekerja dengan grafik vektor.

Demikian penjelasan mengenai fungsi Adobe Photoshop, serta kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop yang perlu Anda ketahui.

Dibandingkan dengan kekurangan Photoshop, kelebihan yang dimiliki aplikasi ini jauh lebih banyak, sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna karena fiturnya yang lengkap. Semoga bermanfaat!