Cara Mengatasi Laptop Black Screen dengan Mudah

Timehoiska.net – Cara mengatasi laptop black screen yang wajib Anda ketahui untuk solusi jika mengalaminya. Secara mendadak laptop black screen tentu akan menunda pekerjaan Anda. Black Screen adalah gangguan laptop dengan kondisi layar tiba-tiba menjadi hitam dan tidak menyala yang dapat terjadi kapan saja.

Begini Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Cara mengatasi laptop yang black screen ini bisa Anda terapkan pada berbagai jenis OS Windows, mulai windows 10, 8, 7, dan lainnya. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop yang black screen.

Masuk pada Safe Mode

Cara yang pertama untuk mengatasinya gunakanlah tombol F8 yang terdapat di keyboard laptop. Langkah pertama menyalakan laptop seperti biasanya, lalu sebelum logo windows tekan dan tahan tombol F8 hingga keluar layar yang berisikan daftar-daftar program dan sistem.

Setelah itu, cari dan pilih Safe Mode, kemudian tekan enter maka laptop akan melakukan proses booting. Lau masuk ke safe mode, dan klik START > All programs > Accessories > System Tools > System Restore > System. Setelah itu shutdown laptop, kemudian nyalakan kembali dan masuk ke sistem windows utama.

Install Ulang Windows

Cara mengatasi laptop black screen yang kedua adalah dengan menginstal ulang windows. Cara ini merupakan langkah untuk memperbaiki bagian software di laptop. Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya Anda melakukan back up data penting terlebih dahulu. Karena, ada kemungkinan file atau dokumen penting akan terhapus seluruhnya.

Manfaatkan Task Manager

Cara ini khusus untuk laptop yang belum parah mengalami black screen. Langkah pertama untuk mengatasi laptop yang black screen dengan memanfaatkan task manager yaitu nyalakan laptop seperti biasa.

Trending  cara setting tenda n301 dengan android

Kemudian, jika saat proses booting layar laptop tiba-tiba black screen menggunakan kombinasi tombol keyboard mulai dari ctrl + alt + delete secara bersamaan. Maka dengan otomatis akan ada layar yang keluar, lalu pilih task manager. Setelah itu, klik add new ask, dan tulis dengan nama explore.exe pada kotak isian. Kemudian, buka aplikasi explore dan laptop akan memulai proses secara otomatis.

Cek Layar

Cara mengatasi laptop black screen selanjutnya adalah cek layarnya. Untuk mengecek layar, hubungkan laptop dengan monitor eksternal seperti LCD proyektor. Jika di monitor eksternal normal, maka kemungkinan penyebabnya karena kerusakan sistem. Namun, jika pada monitor eksternal gelap, kemungkinan karena layar laptop atau kabel display laptop yang rusak. Jika Anda tidak bisa mengatasinya, bawa ke tukang servis laptop terdekat.

Cek Hardisk

Untuk mengecek hardisk rusak atau tidak, lepas dari laptop dan pasangkan pada PC atau laptop lain. Jika, pada laptop lain mengalami masalah yang sama, bisa jadi hardisknya yang rusak, namun jika normal tidak mengalami masalah pada laptop lain, tentu penyebabnya karena rusak pada laptop.

Cek RAM

Untuk mengecek RAM-nya, lepas terlebih dahulu dari laptop, lalu lepas RAM dari soketnya. Kemudian bersihkan dari kotoran menggunakan kain kering. Setelah itu, pasang kembali, pastikan sudah terkunci dengan benar. Jika RAM laptop Anda lebih dari satu, coba pindahkan ke slot lainnya. Mungkin saja bisa untuk mengatasi black screen pada laptop.

Servis Laptop

Langkah terakhir, jika laptop tetap tidak bisa teratasi atau takut jika kerusakan semakin parah, Anda bisa membawanya ke toko servis laptop terdekat untuk di servis. Dengan di servis tidak hanya memperbaiki laptop yang black screen, namun juga mengatasi permasalahan lainnya. Meskipun harus mengeluarkan biaya, namun kerusakan dapat teratasi.

Trending  Ikut Survei Rekeningku, Raih Saldo Gartis 150 Ribu

Itulah beberapa cara mengatasi laptop black screen yang dapat Anda praktekkan jika laptop Anda mengalaminya.