free stats

Cara Cek BI Checking di HP Android dengan Mudah, Lihat di Sini!

Cara cek BI Checking di HP Android ada di bawah. Pada saat mengajukan kredit, baik kredit offline atau online ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Hal itu berguna sebagai bahan pertimbangan layak atau tidaknya calon nasabah.

Bagaimana Cara Cek BI Checking di HP Android?

BI Checking adalah informasi atau sebuah data yang isinya riwayat nasabah Individual. Di dalam informasi riwayat tersebut akan tercatat lancar atau tidaknya nasabah dalam melakukan pembayaran kredit saat jatuh tempo setiap bulan. BI Checking yang bagus sangat dibutuhkan agar calon nasabah dapat mengajukan kredit atau pinjaman.

Banyak juga orang yang tidak lolos BI Checking sehingga tidak dapat mengajukan pinjaman. Nasabah tidak disiplin dalam melakukan pembayaran tidak akan lolos oleh BI Checking. BI Checking dibutuhkan dalam pengajuan kredit bernilai besar, seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kartu kredit, serta Kredit Tanpa Agunan (KTA).

  1. BI Checking memiliki skor untuk dapat melihat calon nasabah memiliki risiko atau tidak. Berikut adalah kategori skor BI Checking:
  2. Skor 1 berarti kredit lancar, menandakan bahwa nasabah memenuhi kewajiban saat membayar cicilan tanpa tunggakan hingga lunas.
  3. Skor 2 berarti dalam perhatian khusus, biasanya nasabah menunggak cicilan selama 1 sampai 90 hari.
  4. Skor 3 berarti tidak lancar, biasanya nasabah menunggak kredit selama 91 sampai 120 hari.
  5. Skor 4 berarti diragukan, nasabah tercatat menunggak kredit selama 121 sampai 180 hari.
  6. Skor 5 berarti kredit macet, nasabah menunggak kredit hingga lebih dari 180 hari.

Calon nasabah yang memiliki skor 1 dan 2 dapat mengajukan kredit tanpa ada halangan. Namun, jika skor pada 3, 4 dan 5 maka bank akan menolak untuk pengajuan kredit bahkan skor BI Checking 5 akan masuk ke dalam daftar hitam.

Trending  Aplikasi TikTok Shop Wajib Tahu Inilah 8 Keunggulan yang Dimilikinya

Cara Cek BI Checking

Saat ini BI Checking dapat dilakukan secara online sehingga kamu tidak harus datang ke bank atau kantor OJK. Namun, sebelum cek BI Checking secara online kamu perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Untuk debitur perorangan perlu menyiapkan fotokopi KTP, namun bagi WNA bisa menyiapkan fotokopi identitas paspor dan identitas diri. Apabila debitur badan usaha perlu menyiapkan akta pendirian, NPWP, surat kuasa asli, fotokopi identitas asli badan usaha, identitas asli pengurus atau fotokopi legalisir, dan perubahan anggaran dasar.

Jika dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat akan mengajukan BI Checking sudah lengkap kamu bisa langsung cek secara online melalui HP. Berikut merupakan cara cek BI Checking melalui HP Android:

  1. Browser yang ada di HP Android kamu kemudian kunjungi situs resmi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.
  2. Kemudian pilih registrasi Jika kamu sama sekali belum pernah mendaftar di member OJK.
  3. Selanjutnya isi data secara lengkap dengan panduan dokumen yang sudah disiapkan tadi.
  4. Setelah mengisi data secara lengkap jangan lupa kamu pilih antrian.
  5. Kemudian setelah memilih antrian pilih lanjutkan dan ikuti langkah-langkah hingga selesai.
  6. Jika semua sudah selesai anda akan mendapatkan email dari OJK.

Cara Membersihkan BI Checking

Calon nasabah dapat membersihkan BI Checking agar lolos pinjaman, untuk itu kamu perlu berkonsultasi dengan pihak bank. Lalu mereka akan memberikan solusi seperti, dengan membayar tunggakan pinjaman hingga mencapai kategori aman, menjual pinjaman melalui sukarela atau lelang, serta melunasi pinjaman dengan keringanan bunga dan denda.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara cek BI Checking di HP Android mudah dapat kamu ikuti langkah-langkahnya. Setelah membaca ulasan ini kamu tidak bingung lagi untuk cek BI Checking.

Leave a Reply

Your email address will not be published.