Cara Menggunakan Whiteboard di Google Meet pada Ponsel

Timehoiska.net – Cara Menggunakan Whiteboard di Google Meet – Sulit membayangkan rapat perusahaan tanpa menggunakan whiteboard tidak terkecuali saat meeting online. Whiteboard membantu brainstorming berjalan lancar karena berfungsi sebagai tools visualisasi yang kuat.

Google Meet memiliki tools bawaan yang disebut Jamboard yang memiliki fungsi yang sama dengan whiteboard. Tapi bagaimana cara menggunakan Whiteboard online seperti Jamboard?

Pada artikel ini kita akan membahas langkah-langkah dan tips menggunakan Whiteboard di Google Meet pada perangkat Android.

Cara Menggunakan Whiteboard di Google Meet pada Perangkat Android
Jika Anda pengguna Android dan ingin menggunakan Jamboard selama Google Meet, Anda tidak dapat melakukannya langsung melalui aplikasi. Masih belum ada update yang memungkinkan pengguna smartphone membuat Whiteboard saat rapat. Jika mencoba membuka Google Meet dari browser, Anda akan dialihkan ke aplikasi Meet.

Anda dapat menggunakan Whiteboard pihak ketiga dan membagikan layar perangkat Android Anda agar dapat dilihat oleh peserta Meet. Opsi ini berfungsi dengan baik jika Anda satu-satunya yang membutuhkan akses pengeditan ke Whiteboard. Jika Anda membutuhkan orang lain agar berpartisipasi dalam menggunakan whiteboard, Anda harus beralih ke Google Meet di komputer.

Beberapa aplikasi Whiteboard populer untuk pengguna Android adalah Miro, WhiteBoard, dan Microsoft Whiteboard. Kita akan menggunakan Microsoft Whiteboard, tetapi Anda dapat mendownload aplikasi lain yang menurut Anda paling mudah dan nyaman digunakan.

Trending  Aplikasi Edit Video Capcut yang Canggih, Cocok untuk Android dan iOS
  • Arahkan ke Play Store dan download aplikasi Microsoft Whiteboard.
  • Mulai panggilan grup di aplikasi Google Meet.
  • Ketuk tiga titik vertikal dari kanan bawah layar.
  • Pilih “Share screen” dari menu.
  • Ketuk “Start Broadcast” untuk mengonfirmasi.
  • Sekarang share screen dengan semua peserta rapat. Buka halaman beranda perangkat Android Anda dan luncurkan aplikasi Whiteboard.
  • Semua orang dalam rapat akan melihat whiteboard, tetapi mereka tidak akan memiliki hak mengedit.

Whiteboard bisa menjadi wadah menuliskan ide selama rapat. Kemudahan penggunaannya memastikan semua orang membagikan ide mereka secara cepat. Untungnya, Google Meet memiliki alat Whiteboard khusus, Jamboard. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur-fiturnya, sebaiknya gunakan Google Meet di komputer Anda.

Semoga artikel cara menggunakan whiteboard di Google Meet membantu Anda meningkatkan produktivitas meeting Anda.